Abah Tips Blog

Berbagi Informasi dan Kumpulan Tips Blog - Share Information and Set Blog Tips

Budaya Batak Iklan selama 2 bulan - 7 April

Tips Membantu Anak Memaksimalkan Teknologi

Tips Membantu Anak Memaksimalkan Teknologi - Mungkin bagi anda yang memiliki anak yang masih kecil atau belum dewasa, teknologi menjadi hal buruk yang berbahaya jika disalahgunakan oleh anak. Anda selaku orang tua tentu agak sedikit was-was ketika ingin memperkenalkan teknologi pada anak anda. Oleh karenanya, berikut ini Tips Membantu Anak Memaksimalkan Teknologi yang diterangkan oleh Psikolog Anak dan Keluarga Roslina Verauli, MPsi..

Tips Membantu Anak Memaksimalkan Teknologi


Alokasikan Waktu
Seperti halnya membaca atau bermain, teknologi merupakan sarana pendidikan dan hiburan yang baik. Masukkan kegiatan bermain teknologi dalam rutinitas harian untuk mengajarkan anak cara baru dalam belajar dan berinteraksi.

Variasi adalah Kunci Utama
Perluas wawasan anak dengan mengaplikasikan komputer untuk melatih anak belajar aktif. Cari aplikasi yang dapat memperkuat konsep belajar, seperti aplikasi membaca, pengenalan bentuk dan warna, atau lainnya. Aplikasi itu dapat Anda peroleh cuma-cuma di internet.

Rangsangan Kognitif
Ketika membaca cerita untuk anak, gunakan mimik dan intonasi yang mewakili cerita itu untuk meningkatkan kemampuan anak berpikir dan memproses informasi. Rangsangan ini juga dapat mengasah kreativitas, kemampuan memecahkan masalah, dan mengambil keputusan secara dinamis pada anak.

Porsi Tepat
Memberikan anak akses teknologi secara terus-menerus andalah hal yang salah, oleh karenanya anda harus dapat mengakali porsi yang tepat bagi anak berapa lama ia dapat bermain dengan teknologi selama seharian.

Pahami Dasar Teknologi
Sebagai orang tua, sangat penting bagi orangtua untuk ikut mempelajari teknologi. Karena dengan mempelajari teknologi, anda dapat memberi batasan pada anak anda terkait teknologi.

Tentukan Aturan dan Batasan
Saat ini sudah banyak fitur pengawasan orangtua dan alat keamanan komputer yang dapat membantu Anda mengawasi aktivitas online, salah satunya fitur Parent Control. Parental control tersedia di semua komputer berbasis Windows atau Mac . Fitur ini juga dapat membantu Anda membatasi berapa lama anak menggunakan komputer dan program atau permainan apa yang dapat mereka gunakan.

Teamwork Anak
Perangkat teknologi bukanlah pengasuh anak. Memadukan permainan di komputer dengan interaksi bersama orang tua atau pengasuh akan memperkuat apa yang dipelajari anak.

Melatih Kemampuan Motorik
Menekan tombol, menyentuh layar, dan menggerakkan mouse atau keypad/keyboard dapat memberikan anak pengalaman layaknya ketika mereka melukis dengan jari, menggambar, atau mencoret-coret. Gerakan motorik ini juga berfungsi menajamkan koordinasi mata dan tangan anak.

Ajari Sebab dan Akibat
Balita senang memainkan sesuatu yang dapat menimbulkan gerakan dan suara. Pilihkan anak permainan yang bersifat pop-up.

Sembunyikan
Ketika waktu bermain dengan alat-alat teknologi habis, simpan dan jauhkan perangkat teknologi tersebut dari anak anda.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
You have just read an article that categorized Tecno by title Tips Membantu Anak Memaksimalkan Teknologi. If you like it, do not forget to like and share it with your friends... By : Abah Tips Blog
Author by: Abah Tips Blog: Tips Membantu Anak Memaksimalkan Teknologi -

Belum ada komentar untuk "Tips Membantu Anak Memaksimalkan Teknologi"

Post a Comment